Sunday, August 21, 2016

Tugas #6 PMW2016

Ashfa Fariha Lathifah
Siti Rohmah Megawangi
ELMIRA BABIES AND KIDS CLOTHING
Sekolah Klinik Kewirausahaan #6
            BRAND AND MARKETING
            Brand merupakan salah satu indikator yang paling penting untuk membuat orang tertarik membeli sebuah produk. Dalam membuat brand yang menarik bisa melakukan package yang kreatif. Branding bisa dilakukan melalui sosial media dengan membuat poster, teaser dan video-video menarik mengenai produk usaha. Selain itu, logo dan makna suatu usaha juga sangat berpengaruh terhadap branding usaha karena itu berkaitan dengan visi dan misi yang ingin dicapai perusahaan melalui logo tersebut.
            Setelah membuat branding yang baik untuk usahanya, seorang pengusaha baru siap melakukan kegiatan marketing atau pemasaran. Pemasaran dapat dilakukan melaui media langung maupun tidak langsung. Media langsung bisa dilakukan saat pengusaha berinteraksi dengan orang lain, dengan komunitasnya, organisasinya atau bahkan lingkungan tempat tinggalnya. Kunci dari marketing adalah relasi. Ketika seorang pengusaha memiliki banyak relasi maka sangat mudah baginya melakukan kegiatan pemasaran produknya. Dalam dunia marketing hal yang juga perlu diperhatikan adalah target pasar. Target pasar bisa meliputi beberapa indikator seperti, jenis kelamin, umur, status, usia, hobby, daerah tempat tinggal dan indikator lainnya yang bisa menjadi dasar kepada siapa produk itu akan dijual.
            Branding dan marketing merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Keduanya bisa saling menguatkan satu sama lain. Bahkan, ketika salah satunya saja yang baik tetapi satunya tidak maka itu akan berdampak besar terhadap usahanya. Misalkan, ketika suatu perusahaan sudah memiliki branding yang bagus tetapi marketingnya jelek atau pengusaha tersebut tidak pandai dalam menjual produknya maka hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan yang akan berdampak pada keuangan perusahaan.


No comments:

Post a Comment