Friday, May 3, 2013

Mata (Eye)

Hallo readers, Assalamualaikum! :)
It's been a while, right? Sudah lama sekali saya tidak posting di blog ini lagi. Terkadang malas melanda~ terkadang juga terhalang kesibukan di dunia nyata. Baiklah, untuk membuka postingan baru di tahun yang baru ini (telat banget), saya akan membagi informasi tentang MATA. Taukah kawan, saya sempat bercita-cita ingin menjadi dokter spesialis kesehatan mata. Sekarang, saya masih belum tau ingin menjadi 'apa' ataupun 'siapa' tapi yang jelas, saya akan terus selalu berusaha untuk tetap menulis. Karena menulis itu hobi saya. Dan saya masih akan terus selalu berharap, dan semoga dapat terwujudkan.. Novel buatanku dibukukan, dan kisah di'dalamnya' dapat terkenang di ingatan setiap orang yang membacanya. Aamiin.. Ayo dong, bantu amin-in;) hehe.
Check it out!!!

Ya, Allah Swt menciptakan mata yang sepasang pada wajah kita. Warna pada iris mata kita berbeda-beda. Seperti yang biasa kita lihat, atau yang orang-orang kita (Indonesian) punya berwarna hitam atau coklat. Tetapi lain hal di luar negeri, warna pada iris mata mereka tidak hanya hitam dan coklat seperti di negeri kita ini. Mereka ada yang memiliki iris mata berwarna oranye, biru, hijau, abu-abu, ungu, bahkan kuning. Bisa jadi perbedaan warna iris mata mereka dengan kita ini dipengaruhi oleh seperti apa lingkungan tempat kita tinggal. Daerah kita dilewati garis khatulistiwa dengan sinar matahari yang, ya... seperti yang biasa kita rasakan. Tetapi di daerah luar sana? Mereka mengalami 4 musim. Di antaranya musim panas. Dan taukah kawan, sinar matahari itu sangat berpengaruh terhadap mata. Ya, mata itu terkadang sensitif terhadap cahaya. Saya akan membahas tentang penyakit yang bisa diderita mata. Tetapi sebelum itu, saya akan menjelaskan bagian-bagian organ sekitar/pada mata.
Organ di sekitar mata, ada:
  1. Bulu mata > yang berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan diterima.
  2. Alis mata > berfungsi untuk menahan keringat agar tidak masuk ke mata.
  3. Kelopak mata > berfungsi untuk menutup/melindungi mata.
Dan bagian organ pada mata, di antaranya:
  1. Kornea : bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya.
  2. Sklera : merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih.
  3. Pupil : yang mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata.
  4. Iris : berfungsi sebagai diafragma juga yang memberikan warna pada mata.
  5. Lensa : menerima cahaya dari pupil dan diteruskan ke retina. Mengatur fokus cahaya.
  6. Retina : yang berfungsi untuk menangkap cahaya yang masuk. Ada bagian yang disebut bintik kuning. Kemudian retina meneruskannya ke saraf optik.
  7. Saraf optik.
Cara kerja mata adalah sebagai berikut.
Cahaya > aqueous humor > pupil > lensa > vetreous humor > retina > saraf optik > otak.

 
Nah, itulah bagian-bagian yang ada di sekitaran mata. Organ yang satu ini (mata), memang sangat sensitif sekali. Maka, tak berkemungkinan kecil bisa terserang penyakit. Berikut ini beberapa penyakit mata, ayo simak baik-baik ya! :)
  • Miopi atau yang biasa kita kenal adalah rabun jauh. Penderita tidak bisa melihat sesuatu dari jarak jauh secara jelas. Hal ini terjadi karena 'bayangan' tidak dapat diterima retina dengan baik. 'bayangan'nya jatuh di depan retina, sehingga penderita memerlukan kacamata berlensa cekung karena bola mata mengalami pencembungan.
  • Hipermetropi atau yang biasa kita kenal dengan rabun dekat. Ini kebalikannya dari miopi. Penderita tidak bisa melihat sesuatu dari jarak yang dekat secara jelas. Hal ini terjadi karena 'bayangan' tidak dapat diterima retina dengan baik. 'bayangan'nya jatuh di belakang retina, sehingga penderita memerlukan kacamata berlensa cembung karena bola mata mengalami pencekungan.
  • Presbiopi yaitu mata tidak dapat melihat sesuatu yang jauh ataupun dekat dengan jelas, biasanya penderita prebiopi ini adalah lansia. Dan memerlukan kacamata berlensa rangkap.
  • Buta/rabun mata sulit untuk melihat. Kebutaan menyebabkan mata tidak bisa melihat apapun. Sedangkan rabun menyebabkan penglihatannya samar-samar. Kedua penyakit ini bisa jadi faktor keturunan ataupun kecelakaan.
  • Buta warna suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.
  • Katarak ini juga merupakan salah satu penyakit mata yang menyeramkan. Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram (warnanya butek) karena penebalan lensa mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
  •  Astigmatis  ketidakaturan lengkung - lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata slinder/Operasi refraktif.
  • Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan karena mata kekurangan vitamin A. Penderita biasanya tidak bisa melihat pada saat sore hari saja.
Gak mau kan kalo kalian sampe kena penyakit mata seperti yang di atas tadi? Jaga kesehatan matanya ya :) jangan sampe kekurangan vitamin!! Dan buat yang udah terlanjur menderita salah satu penyakit yang ada di atas tadi, jangan pantang menyerah! Tetap semangat jalani hidup, dan tetap jaga gizi pada makanannya ya! :) May Allah always bless you! Aamiin..




sumber: wikipedia

2 comments:

  1. Bagus sekali. pembahasanmu. klw hobbi menulis teruskan aja. saya hobi baca novel pengen juga baca novel karyamu. ditunggu ya..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, terima kasih pak! :D iya pak, insya Allah

    ReplyDelete